Kamis, 24 Agustus 2017

makanan jawa barat

DERETAN MAKANAN KHAS JAWABARAT
Otonomi.co.id - Jawa Barat memiliki banyak makanan unik. Makanan khas dari Tanah Parahiyangan ini disebut-sebut sangat sederhana. Makanan dari daerah ini jarang sekali yang berbahan dasar daging. Rata-rata berbahan dasar sayuran atau ubi.
Karena itu pula, masyarakat Sunda yang tinggal di Jawa barat terkenal dengan sebutan suku yang hidup dengan sederhana. Makanan dari tatar Sunda rata-rata merupakan olahan hasil bumi yang ada di Jawa Barat.
Berdasarkan hasil rangkuman otonomi.co.id, sedikitnya ada tujuh makanan khas Jawa Barat yang terkenal dan banyak diminati berbagai kalangan. Berikut deretannya.
1. Peyeum
Peyeum Bandung (Instagram/@restupadmonobo)
Peuyeum atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan tapai, merupakan olahan makanan yang dibuat dengan proses fermentasi.
Di Masyarakat Jawa Barat, peuyeum memiliki dua jenis yang berbeda. Dibedakan dari pembuatannya.
Ada jenis peuyeum yang terbuat dari singkong dan disebut dengan peuyeum sampeu. Kemudian ada yang terbuat dari beras ketan, dan disebut dengan peuyeum ketan.
Peuyeum ini memiliki rasa yang manis. Banyak pengunjung dan wisatawan yang menjadikan peuyeum sebagai oleh-oleh khas ketika berkunjung ke Jawa Barat.
2. Colenak
Makanan khas Jawa Barat colenak (Instagram/@mpiedevy)
Makanan ini berbahan dasar singkong. Kata colenak adalah singkatan dari kata bahasa Sunda 'dicocol enak'. Sesuai dengan namanya, cara menyantap makanan ini dicocolkan ke gula jawa cair yang diberi campuran parutan kelapa.
Dalam teknik memasaknya, kandungan gula yang terkandung dalam tapai membuatnya mudah gosong. Meski demikian, banyak orang mengatakan itulah bagian terbaiknya.
3. Comro dan misro
Makanan khas Jawa Barat comro dan misro (penabiru.com)
Comro dan misro merupakan makanan khas Jawa Barat yang dibuat dari parutan singkong, lalu dibentuk bulat dan diberi isian. Bedanya, bagian dalam comro diisi dengan sambal oncom, sedangkan misro diisi dengan gula merah.
Ada kepanjangan masing-masing di antara dua makan ini. Comro artinya oncom dijero(di dalamnya oncom). Kemudian misro artinya amis dijero (di dalamnya manis).
4. Surabi
Surabi khas Jawa Barat (Instagram/@dian_naomi82)
Kemudian ada lagi yang namanya surabi atau yang kadang disebut dengan serabi. Bahan dasarnya adalah tepung terigu. Di Jawa Barat terdapat dua jenis surabi, yaitu manis dan surabi asin.
Surabi manis biasanya disajikan dengan tambahan kinca gula merah yang terbuat dari gula merah, gula pasir, santan dan daun pandan.
Sedangkan surabi asin menggunakan tambahan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Surabi biasanya dijajakan saat pagi hari di pasar tradisional.
5. Karedok
Makanan Khas Jawa Barat Karedok (Instagram/@kelapalagoon)
Karedok adalah makanan yang terbuat dari bahan sayuran segar dan mentah. Bahan utama sayuran untuk membuatnya antara lain taoge, mentimun, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong.
Kemudian diberi saus bumbu kacang yang khas, yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kacang tanah, air asam, gula merah, garam, terasi dan kencur.
6. Lotek
Makanan khas Jawa Barat lotek (Instagram/@adhien_)
Lotek adalah makanan khas Jawa Barat yang bisa ditemukan di mana-mana. Lotek hampir mirip dengan pecel, yaitu makanan berupa sayuran segar yang direbus lalu disiram dengan topping sambal campur bumbu kacang.
Keunikannya, sebagai bahan sambal, kacang tanahnya sering kali ditambah tempe, terasi, gula merah, dan bawang putih. Rasa lotek biasanya lebih manis daripada pecel.
Jika sambal pecel, bumbu pada pecel sudah dicampurkan sebelumnya, maka pada lotek bumbunya baru dicampurkan ketika hendak dihidangkan. Lotek bisa disajikan bersama lontong dan nasi hangat.
7. Tutug oncom
Makanan khas Jawa Barat tutug oncom (Instagram/titasix_id)
Nasi tutug oncom atau dalam bahasa Sunda disebut sangu tutug oncom merupakan makanan khas dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Tutug oncom dibuat dari nasi yang diaduk bersama tambahan oncom goreng atau bakar.
Secara bahasa, kata tutug dalam bahasa Sunda berarti menumbuk. Proses aduk dan tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi asal nama dari makanan tutug oncom.
Saat ini, telah tersedia tutug oncom instan yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh. Tutug oncom instan sudah dikemas secara modern dan mampu bertahan hingga berbulan-bulan tanpa bahan pengawet.

1 komentar:

makanan khas manado

1. AYAM ISI BULUH Cita rasa yang istimewa dihadirkan oleh Manado kepada setiap orang yang “bertamu ke rumah” lewat kuliner bernama ayam...