Minggu, 11 Maret 2018

makanan dan minuman khas daerah makasar


MAKANAN DAN MINUMAN KHAS MAKASSAR


1. Coto Makassar Atau Soto Mangkasara

Coto Makassar

Coto Makassar merupakan sajian kuliner khas nusantara termasuk di daerah Makassar . Coto Makasar ini bisa kita jumpai di daerah  makassar yang rasanya enak sekali karena rempah-rempah yang digunakan terasa sekali sehingga terasa lezat, gurih dan kental.

2. Sop Saudara

Sop Saudara

makanan berkuah yang dihidangkan dalam mangkuk tapi jika dilihat lebih dekat dan dirasakan pastilah berbeda. 
Makanan tradisional khas Kabupaten Pangkep sulawesi selatan ini dapat dijumpai di Makassar. Sop saudara dibuat dari daging sapi, bihun dan kentang goreng yang biasanya dibentuk bola-bola kecil, dan paru sapi yang digoreng, biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sebagai tambahan lauknya. Tambahan sebagai pelengkap menu adalah sambal kacang dan irisan Timun.

3. Es Pisang Hijau

Es Pisang Hijau

Es pisang Hijau adalah hidangan khas dari kota aging mammiri, namun demikian hidangan ini cukup populer dibanyak daerah. 
Es ini terbuat dari pisang raja atau kepok, paduan pisang dan tepung beras ditambah bubur, sirop dan es serut membuat es ini benar-benar mengugah rasa. Cocok dinikmati saat udara panas. Jadi kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau dari daun pandan. 

4. Gogogso

Resep Gogoso Kuliner Makassar

Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan ketika lebaran, selain ketupat lebaran, gogoso pun juga turut meramaikan bersama dengan bersama dengan aneka masakan lainya pada hari-hati biasa, gogoso banyak ditemukan didaerah pantai losari atau dipinggir-pinggir jalan kota makassar biasanya dijajakan oleh pedagang asongan bisanya dijajakan bersama telur asin atau lebih akrab dengan sebutan orang makassar Bayao Kannasa, dan kacang rebus.


5. barongko

Hasil gambar

Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar yang dibuat dari Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang. Dahulu pada masa pemerintahan kerajaan Sulawesi Selatan, Barongko merupakan makanan penutup yang mewah dan hanya disajikan untuk para Raja.

6. Pisang Epe




Pisang Epe juga merupakan salah satu jajanan khas Makassar nih teman-teman. Makanan ini terbuat dari pisang yang dibakar. Tahu enggak, kenapa namanya pisang epe? Karena sehabis dibakar pisang ini diepe (dipipihkan/digepengkan), lalu disiram dengan gula merah cair dan ditaburi kelapa sangrai, cokelat, ataupun kacang panggang.

7. Es Palu Butung

Hasil gambar

Es Palu Butung adalah makanan penutup yang sangat populer selain Es Pisang Ijo. Es Palu Butung ini sangat mudah ditemui di warung makan ataupun di pinggiran jalan di Makassar. Wah apalagi kalau bulan Ramadhan, es ini bisa sangat laris, lo.





8. Sop Kikil

Hasil gambar untuk sop kikil

Sop Kikil masih bagian dari makanan dari bahan dasar sapi. Tapi, makanan khas Sulsel ini sedikit berbeda, karena yang diambil adalah bagian kikilnya saja. Sop Kikil ini cocok disantap dengan nasi hangat. Tempat untuk menikmati Sop Kikil sangat banyak di Makassar.

9. Sop Lidah


Foto Resep Sop Lidah Sapi Lamuru Khas Makassar Sederhana Spesial Sajian Sedap Sekejap Langsung Enak
Dari namanya, kita semua sudah tahu kalau bahan dasar sop ini adalah daging lidah sapi. Mungkin, dari sekian banyak makanan khas Makassar, Sop Lidah yang paling jarang dinikmati. Entah karena jijik mendengar kata lidah atau bagaimana. Padahal, Sop Lidah nikmatnya minta ampun. Salah satu tempat yang menjual Sop Lidah di Makassar adalah di Warung Sop Lidah Lamuru.
10. Kapurung


Kapurung berasal dari daerah Luwu, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Jika hendak menikmati makanan ini, jangan terkecoh dari bentuknya yang seperti lendir. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran yang enak. Di daerah asalnya Kapurung di sebut juga Pugalu.
11. Mie Awa





Mie kering Makassar ini merupakan menu makan malam yang enak. Mie banyak diburu orang-orang jika berkunjung di kota Makassar. Keunggulan mie awa dibandingkan dengan mie kering lainnya adalah terletak pada kuah kental yang ditaburi dengan ayam dan juga sedikit sawi membuat rasa dari mie awa ini makin mantap.


12. Nasu Palekko
Image
Bagi kamu pencinta makanan pedas, jangan melewatkan sensasi pedas luar biasa dari Nasu Palekko. Makanan ini terbuat dari daging bebek yang biasanya berisi potongan leher, daging, dan jeroan.







SUMBER : http://makananminumanmakyos.blogspot.co.id/2012/01/makanan-khas-makasar.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makanan khas manado

1. AYAM ISI BULUH Cita rasa yang istimewa dihadirkan oleh Manado kepada setiap orang yang “bertamu ke rumah” lewat kuliner bernama ayam...